Why Study in Germany?

Jerman adalah surganya pendidikan. Di Jerman kamu akan menemukan banyak universitas kelas dunia, program pilihan yang tak terhitung jumlahnya, gelar sarjana yang diakui secara global dan menjanjikan peluang kerja yang tinggi serta biaya hidup yang terjangkau.

Selain itu, Jerman memiliki sejarah yang kaya dan panjang, gaya hidup yang dinamis dengan perpaduan modern dan klasik, daerah perkotaan dan pedesaan yang akan membuatmu tenggelam dan mencintai setiap detik yang kamu habiskan di negara ini.

Maka tidak mengherankan, apabila Jerman berada di salah satu peringkat pilihan utama siswa internasional untuk melanjutkan studi. Menurut statistik resmi, ada lebih dari 357.000 mahasiswa internasional yang sedang menempuh pendidikan di Jerman dan jumlah tersebut terus meningkat.

Setiap tahunnya, ribuan siswa datang dari seluruh penjuru dunia untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka di Jerman, hal ini disebabkan karena alasan-alasan berikut :

  1. Low Or No Tuition Fees. Pendidikan tinggi menjadi sebuah kualifikasi penting karena meningkatnya kebutuhan akan profesional berkualifikasi tinggi, hal ini menyebabkan  biaya kuliah yang semakin meningkat, Jerman adalah satu-satunya tujuan studi favorit yang universitasnya tidak membebankan biaya kuliah. Keputusan ini mulai ditegaskan pada Oktober 2014, yang menyatakan bahwa semua mahasiswa internasional yang kuliah di universitas negeri di Jerman bebas dari pembayaran biaya kuliah.Pelajar internasional hanya perlu membayar beberapa biaya administrasi seperti student contribution, student union fee dan biaya transportasi (public transportation ticket).
  2. Top-Ranked Universities. Berdasarkan keputusan resmi pada tahun 2018, tercatat ada 429 institusi pendidikan tinggi negeri di Jerman, 106 di antaranya adalah universitas, dan universitas-universitas Jerman berada di atas standar pendidikan tinggi global. Beberapa dari universitas ini secara konsisten mendapat peringkat atas di antara universitas terbaik dunia. Siswa menginginkan universitas yang berkualitas sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan akademis selama dan setelah studi dan tentu saja yang paling penting adalah lingkungan yang aman dan ramah. Selain menjadi yang terbaik, beberapa universitas Jerman juga merupakan yang tertua di Eropa.
  3. Travel Europe on a student visa. Jika kamu seorang pelajar Eropa dan ingin belajar dan tinggal di Jerman, kamu akan mendapatkan hak yang sama sebagai warga negara Jerman dan warga negara EU / EFTA mengenai kebebasan masuk, kesempatan untuk belajar dan bekerja tanpa izin tambahan. Namun, jika kamu bukan warga negara Eropa dan ingin belajar di Jerman, kamu harus mengajukan permohonan Visa. Kamu harus mengajukan permohonan visa pelajar yang memungkinkan untuk tinggal di Jerman selama lebih dari 90 hari yang dapat memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan bebas visa di seluruh Wilayah Schengen, yang membuka peluang luar biasa untuk mengunjungi negara-negara yang kamu minati dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.
  4. Countless Degree Courses. Karena Jerman memiliki banyak universitas, maka Jerman juga menawarkan pilihan program yang tak terhitung jumlahnya yang dirancang untuk dapat memenuhi minat semua orang. Sebagai negara industri, Jerman telah banyak berinvestasi di universitas-universitas Teknik dan saat ini program-program teknik sangat digemari di universitas-universitas Jerman. Namun, ada lebih banyak program studi yang ditawarkan di universitas-universitas ini dan beberapa di antaranya adalah yang diminati oleh masyarakat global seperti kedokteran dan farmasi.
  5. Globally Recognized Study Programs. Program studi di universitas-universitas di Jerman sangat modern dalam hal struktur dan cara penyampaiannya kepada siswa. Hal ini dirancang untuk memenuhi perkembangan ilmiah terbaru yang ada di dunia dan mendidik individu agar dapat percaya diri dalam menghadapi tantangan global. Kurikulum yang disajikan sudah diatur dan selalu berkembang serta mengalami perubahan konstan yang bertujuan untuk menemukan atau menciptakan pendekatan yang lebih komprehensif dalam pengajaran dan penelitian. Pada akhir kelas, kamu akan diberi sertifikasi dengan gelar yang diakui dan dihargai secara global.
  6. Affordable Costs of Living. Dengan sedikit manajemen keuangan yang cerdas dan sedikit penyesuaian gaya hidup, biaya hidup untuk siswa internasional di Jerman cukup terjangkau. Tapi tentu saja, kamu akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi apabila tinggal daerah perkotaan dibandingkan dengan daerah pinggiran. Untuk meringankan beban keuangan, kamu dapat menemukan seseorang untuk sharing room dan ini akan memotong setengah biaya akomodasi. Di Jerman, biaya lainnya seperti makanan, perlengkapan, transportasi umum dan sebagainya tidak terlalu tinggi.
  7. Work Opportunities For International Students. Hukum di Jerman menyatakan bahwa siswa internasional diizinkan untuk bekerja paruh waktu hingga 20 jam seminggu atau 120 hari penuh dalam setahun. Diperkirakan lebih dari 60% siswa internasional saat ini bekerja paruh waktu pada saat belajar di Jerman. Umumnya, siswa di Jerman bekerja sebagai tutor, bartender, staf administrasi, pengasuh anak, dll. Bekerja paruh waktu sambal menempuh pendidikan adalah pilihan yang perlu dipertimbangkan dengan serius di Jerman, karena pengalaman kerja dapat meningkatkan kesempatan kerja di masa depan, dan dapat membantu kamu untuk meningkatkan disiplin gaya hidup serta belajar hidup mandiri.
  8. Future Prospects. Gelar yang dikeluarkan dari universitas Jerman adalah kualifikasi yang sangat dihormati dan dihargai di seluruh dunia. Dengan demikian, lulusan Jerman dapat menikmati kesempatan kerja yang tinggi di pasar global. Jadi, terlepas dari bidang akademik kamu dan negara tempat kamu ingin mencari pekerjaan, gelar dari lulusan Jerman Anda akan membantu mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi dan sempurna.
  9. Learn a New Language. Ada banyak alasan mengapa belajar bahasa Jerman sangat bermanfaat bagi kamu.Jerman adalah salah satu negara dengan kemampuan ekonomi yang paling kuat di dunia sementara bahasa Jerman adalah bahasa asli yang paling banyak digunakan di benua Eropa. Perusahaan Jerman adalah pemimpin global dan memiliki jaringan cabang yang luas di seluruh dunia. Dengan demikian, dengan kemampuan berbahasa Jerman, kamu menempatkan dirimu pada posisi di mana mereka akan mendatangi dan akan menawarkanmu pekerjaan. Di sisi lain, bahasa Jerman digunakan secara luas di dunia, dan ini berarti kesempatan bagimu untuk menjelajahi dunia dan pergi ke tempat-tempat yang belum pernah di kunjungi sebelumnya.
  10. Diverse Community. Saat ini, warga negara Jerman hidup dalam harmoni dengan banyak orang asing yang datang ke sini untuk bekerja dan tinggal bersama keluarga asli Jerman. Selain itu, universitas-universitas Jerman mendatangkan ribuan mahasiswa internasional setiap tahunnya. Di Jerman kamu akan menemukan komunitas yang beragam, masing-masing dengan spesifiknya sendiri yang akan membuatmu dapat melihat dunia dari sudut yang berbeda. Kamu dapat membuat banyak teman yang datang dari seluruh dunia sehingga dapat belajar tentang kebiasaan dan tradisi mereka.
  11. Cultural and Historical Heritage. Jerman memiliki sejarah yang panjang, kaya dan kompleks dan hal ini diakui di seluruh dunia. Negara ini telah menjadi pemain utama dalam berbagai peristiwa penting dalam dalam sejarah umat manusia. Penduduk asli Jerman  telah memberikan kontribusi yang tak tertandingi untuk gerakan sejarah, budaya dan ilmiah yang mengubah perjalanan sejarah global. Belajar di Jerman adalah kesempatan bagi kamu untuk mengunjungi sebagian besar permata budaya dan sejarah ini, mendengar kisah-kisah yang tidak dapat dipercaya terkait dengan sejarah mereka dan mengumpulkan kenangan yang tak terlupakan.

source : www.studying-in-germany.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *