Amerika Serikat

Siapa yang tidak tahu negara sekaliber Amerika Serikat?! Pastinya semua orang mengenal salah satu negara adikuasa ini. Amerika Serikat terdiri dari beberapa negara bagian dengan ragam budaya yang bisa dibilang lengkap karena memiliki perwakilan tiap etnis di dunia. Bagi para pemburu beasiswa, memperoleh kesempatan melanjutkan studi di sana merupakan suatu impian yang luar biasa. Berbagai universitas top dunia beberapa ada di sana: Harvard University, MIT, UCB, dll.

 

Hal-halĀ  yang perlu kalian tahu sebelum memutuskan negara ini sebagai tujuan studi adalah:

  • Admissions Test

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat, ada hal yang harus kamu tahu bahwa di Amerika itu terdapat ratusan universitas dan College yang dapat kamu apply. Kampus mana yang bisa kamu pilih, itu semua kembali pada jurusan yang kamu minati. Tiap jurusan memiliki top universitasnya masing-masing. Jadi, jangan pernah bosan untuk mencari tahu tentang jurusan yang kalian inginkan karena di Amerika Serikat kamu selalu ditantang untuk mencari informasi sedetail mungkin.

Nah, jika kamu sudan tahu ingin mengambil jurusan apa dan di mana, langkah selanjutnya yang harus kamu tahu adalah tes penerimaan (admissions test). Untuk jenjang Undergraduate (S1), kamu akan melalui tes yang bernama SAT (The Scholastic Assessment Test). Tes ini akan menilai kemampuan kamu di bidang reading, writing, dan mathematic. Sebaliknya, bagi kalian yang ingin menempuh program Graduated (S2), tes yang harus kalian ambil disebut GRE (The Graduate Record Examination). Aspek yang akan dinilai adalah kemampuan verbal, kuantitatif, dan analytical reasoning questions.

  • Timeline

Hal lain yang harus kalian perhatikan adalah waktu. Proses pendaftaran jenjang Undergraduate maupun Graduate di Amerika terkenal sebagai salah satu yang paling kompleks. Tiap institusi memiliki jangka waktu pendaftaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan rentang waktu yang cukup, yaitu sekitar 1,5 hingga 2 tahun sebelum kamu memulai perkuliahan di Amerika Serikat.

  • Kegiatan Ektrakulikuler

Bagi pemburu studi luar negeri, mempersiapkan diri adalah kunci keberhasilan. Namun, hal yang perlu dipersiapkan tidak melulu dari segi akademik, tetapi juga dari segi non-akademik.

Banyak universitas akan memilih kandidat yang tidak hanya unggu di bidang akademik, tetapi juga memiliki peran di dalam masyarakat atau minimal dia yang memiliki bakat di bidang tertentu dan terlihat mengembangkannya secara kontinyu.

Selagi kalian mempersiapkan proses pendaftaran yang sangat kompleks, kembangkanlah aktivitas non-akademik kalian karena itu akan menjadi nilai tambah bagi universitas yang akan kalian tuju untuk memutuskan apakah kalian diterima atau tidak.

  • Biaya Hidup dan Pendidikan

Biaya pendidikan di Amerika Serikat tergolong tinggi dan bervariasi tergantung letak kota dan universitas masing-masing. Namun, pemerintah Amerika Serikat sendiri tetap konsisten memberikan bantuan dana pendidikan dan riset ke institusi-institusi pendidikan yang ada di sana. Oleh karena itu, belajar di Amerika Serikat bisa dikatakan sangat memungkinkan jika kita panda-pandai mencari informasi dan kesempatan beasiswa pendidikan yang ada di sana.

Untuk biaya hidup di Amerika Serikat, gaya hidup dan bagaimana kita mengatur keuangan adalah hal yang perlu diperhatikan. Biaya hidup juga ditentukan oleh jenis kota yang ditinggali. Jika kamu memilih New York sebagai tujuan syudi kamu, maka kamu harus mempersiapkan dana tambahan atau menyesuaikan pola gaya hidup agar pengeluaran kamu cukup selama studi di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *