Dari Maudy Ayunda, kita belajar …

  1. Beradaptasi dan berubah. Selama masa pandemi, kelas diadakan melalui zoom. Pengalaman baru bagi semua pelajar di masa pandemi, dan sebagai pelajar, sobat tidak hanya mempelajari materi yang disampaikan oleh pengajar tapi juga belajar untuk menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini
  2. Belajar untuk menghargai alam bebas. “Belum pernah aku begitu nyaman berada di bawah terik matahari. Aku belajar hiking dan membenamkan diri dari dunia yang penuh aktivitas. Stanford bahkan menghidupkan kembali kecintaan lamaku kepada berlari,” ujar Maudy dalam videonya. Karena saat ini Indonesia masih menerapkan pembatasan kegiatan, sobat bisa mencari alternatif kegiatan outdoor lain. Berjemur sebentar di halaman rumah sambil melakukan peregangan bisa sobat lakukan, dengan begitu tubuh juga tidak akan semakin kaku karena tidak banyak aktivitas.
  3. Belajar mencari inspirasi dari orang-orang. “Teman sekelasku yang terdiri dari 400 orang berasal dari berbagai lapisan masyarakat, menawarkan perspektif dan cerita yang berbeda-beda, kisah-kisah ini memicu keinginanku untuk juga membuat perubahan.” Maudy Ayunda terinsipirasi dari orang-orang di sekitarnya untuk menciptakan perubahan. Dan menurut Maudy, seseorang yang tidak dapat menerima kritik akan rugi berat karena dengan kritikan seseorang dapat bertumbuh. Jadi ketika mendapat kritik,sebenarnya itu adalah sebuah kesempatan bagi sobat memperbaiki diri.
  4. Hidup adalah lebih dari hal-hal besar. “Lebih dari sekedar pencapaian dan milestones tapi tentang udara yang kita hirup, langkah yang kita ambil dan tawa yang kita dibagi dengan orang-orang terdekat.” Kalau menurut sobat, apa nih yang terpenting dalam hidup selain pencapaian-pencapain besar?

Maudy Ayunda mengingatkan pada kita semua bahwa hanya diri kita yang mengenal diri kita sendiri dengan baik, kita harus melindungi ke-otentik-an kita dan siapa sebenarnya diri kita. Kita juga perlu tahu hidup seperti apa yan ingin kita jalani. Dan ketika kita menginginkan sesuatu, kita harus mengejarnya.

Diakhir, Maudy berpesan kalau kita harus memperjuangkan apa yang menjadi keinginan kita.

Jadi, gimana nih sobat InterestED? mau seperti Maudy Ayunda? Jangan takut untuk mencoba, yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *