Mahasiswa Bersiap, IISMA 2022 Kemendikbud Bakal Gandeng Kampus Top Dunia

KOMPAS.com - Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri selama satu semester. 

Kemendikbud Ristek menyatakan akan terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan program agar mahasiswa lain dapat turut berkesempatan merasakan pengalaman pembelajaran di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri. 

Koordinator Program Subpokja IISMA, Andi Rahadiyan Wijaya mengatakan Kemendikbud Ristek melalui Subpokja IISMA Kampus Merdeka akan meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi yang menjadi mitra IISMA.

Program IISMA 2022, jelas dia, akan mengejar negara-negara yang lebih luas dan universitas yang masuk dalam top 100 kelas dunia. 

Ia juga menjelaskan, program ini merupakan suatu program student mobility, di mana mahasiswa Indonesia di semester empat sampai enam bisa mendapatkan beasiswa yang memungkinkan mereka untuk mengambil mata kuliah di universitas top dunia.

Berbeda dengan program-program pelajar yang lain, mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah yang tidak mesti linear dengan program studinya. 

“Kita mengejar bahwa universitas yang bisa berpartisipasi sebagai partner IISMA itu adalah yang harus ranking 5 besar di negaranya atau dia merupakan top 100 berdasar QS World University Ranking 2022, sehingga fokus tahun depan kita mungkin akan masih mengirimkan 1.000 mahasiswa tetapi kualitas dari mitra kita itu menjadi lebih baik,” katanya seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek, Kamis (21/10/2021).